SMK NEGERI 2 KETAPANG KALIMANTAN BARAT

Selasa, April 01, 2008

PROFIL SEKOLAH

SMK Negeri 2 Ketapang merupakan Lembaga Pendidikan dan Latihan Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Dinas Pendidikan Nasional yang pendiriannya mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 291/O/1999, luas tanah 31,495 m2 (3,2 Ha), betempat dijalan Gatot Subroto, Paya Kumang, Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai Peran, Fungsi dan Tugas Pokok yang harus dilaksanakan yaitu :
  1. Penyelenggara Pendidikan Kejuruan.
  2. Menjadi Lembaga Pendidikan dan Latihan yang mampu memberikan Pelayanan dan Bimbingan kepada Peserta didik secara optimal.
  3. Melaksanakan Pendidikan dan Latihan dengan Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kurikulum Berbasis Produksi serta mengacu pada Standar Kompetensi Nasional.
  4. Mengembangkan SMK agar mampu melaksanakan Peran, Fungsi dan Tugas diatas sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Tuntutan Masyarakat.
SMK Negeri 2 Ketapang sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan, saat ini mengembangkan Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Teknologi Hasil Petaninan, Nautika Perikanan Laut, Teknika Perikanan Laut, dan Budidaya Perikanan Air Payau.

Beberapa aktivitas yang telah dilaksanakan, antara lain berupa :
  1. Menyelenggarakan Program Diklat sesuai dengan Kurikulum Edisi Tahun 2004 dan KTSP
  2. Melaksanakan Pendidikan dan Latihan dengan pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Berbasis Produksi
  3. Mengembangkan Bahan Ajar / Modul yang diperlukan dalam Kegiatan Pendidikan dan Latihan
  4. Meningkatkan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikkan
  5. Mengembangkan Unit Produksi.
SMK Negeri 2 Ketapang telah melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda. Dalam pelaksanaannya Sekolah melakukan kerja sama dengan DU/DI, Instansi terkait dan Masyarakat.

0 komentar: